Tip Memelihara,Memilih,Mengatasi Gadget dan Serba-Serbi

Saturday, July 16, 2016

Memperbaiki Smartphone Android Yang GAGAL Booting-Bootloop

Memperbaiki Smartphone Android Yang GAGAL Booting-Bootloop

Android bootloop adalah masalah yang sering terjadi pada ponsel atau tablet android. Apa itu bootloop pada android? Istilah bootloop atau gagal booting adalah kerusakan pada system android saat device gagal startup sehingga tidak mau menyala full hingga menu dan terhenti hanya sampai pada munculan logo android saja tidak dapat masuk ke halaman menu beranda (home). Penyebab android bootloop ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya ponsel atau tablet android upgrade system dan terjadi kegagalan atau menggunakan rom firmware yang keliru,karenanya waktu ponsel di restart, yang terjadi adalah munculnya logo android atau logo merek ponsel saja (ipad, axioo, lenovo, movimax, imo, advan, samsung, cyrus, htc, beyond, acer, asus) dan berhenti disitu saja. Cara mengatasi android bootloop juga berbeda-beda.

Macam-macam bootloop Android
- Android Light Bootloop : Biasa terjadi pada perangkat android yang sedang dalam keadaan pemakaian normal, install apk, bermain game.- Android Medium Bootloop : Biasa terjadi karena pengguna mengutak-atik android tersebut dan masuk ke system recory yang biasanya untuk membuka system (rooting).
- Android Hard Bootloop : Biasa terjadi karena mengedit sricpt yang ada di dalam android, seperti mengupgrade OS.

Berikut cara memperbaiki smartphone android yang tidak bisa booting atau bootloop :
1. Android Light Bootloop : Memperbaiki light bootloop hanya dengan melepaskan baterai android/tablet anda. Kerusakan ini disebabkan karena tegangan yang terlalu tinggi.
2. Android Medium Bootloop : Memperbaiki medium bootloop harus menggunakan PC/laptop untuk backup dan recovery image + file recovery CWM atau original.
3. Android Hard Bootloop : Cara memperbaikinya, diperlukan PC yang di dalamnya telah di install aplikasi khusus untuk install ulang OS android anda. Cara install ulang OS android berbeda-beda berdasarkan chipset CPU, contoh :
- Untuk smartphone android dengan fitur voice call/nelpon yang menggunakan CPU MTK seperti beberapa type smartphone samsung, imo, axioo, beyond, acer, mito, advan, vandroid, htc, android, dll, dibutuhkan alat bantuan yaitu flashing tool semisal SP flash tool untuk CPU MTK
- Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus. Seperti smartphone LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung Galaxy dengan ODIN.
- Dan untuk mengatasi bootloop pada android tidak mau menyala dan tidak bisa masuk ke menu pada tablet menggunakan chipset cpu Allwinner seperti cyrus pad, treq basic, imo z 5, speed up, websong dll, bisa menggunakan livesuits.
- Masih ada cara flashing rom allwinner dengan micro sd menggunakan software tool Phoenix card.
- Untuk Smartfren Androtab, tabulet Troy, cube dan smartphone atau tablet android lainnya yang memakai type CPU RockChip gunakan software flashing firmware dengan  RK BatchTool.
- Diantara beberapa teknisi service smartphone atau tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang sesuai untuk mengatasi android bootloop.
Share:
Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Stats

Protected by Copyscape

Copyright © Mayasa | Powered by Blogger Design by PWT | NBT