Tip Memelihara,Memilih,Mengatasi Gadget dan Serba-Serbi

Wednesday, June 29, 2016

Teknik Jitu Untuk Memastikan Alamat Web Aman Atau Tidak Sebelum Anda Klik

Memastikan_Alamat_Web_Aman_Tidak

Browsing adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi hampir setiap orang. Namun demikian pernahkah anda menyadari bahwa dari sekian banyak alamat situs anda “klik” ada kemungkinan diantaranya yang berpotensi membahayakan PC anda? Mungkin diantara kita pernah atau sering mengalami komputer atau PC yang kita gunakan terkena virus atau malware, padahal kita tidak pernah menginstalkan sebuah aplikasi atau mencolokkan sembarang flashdisk ke PC kita.

Jika anda pernah mengalami hal tersebut sudah sepatutnya anda harus lebih berhati-hati ketika hendak membuka sebuah alamat web baru yang tidak anda kenal sebelumnya. Sudah bukan merupakan hal yang baru lagi sering sekali kita mendengar banyak situs-situs yang sengaja dibangun untuk menyebarkan virus atau malware kepada pengunjungnya.

Lantas apa yang harus anda lakukan ketika anda hendak masuk kedalam sebuah alamat situs yang baru kita kenal? Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya anda dapat menginstalkan program antivirus atau firewall yang bisa mendeteksi dan menangkal serangan-serangan yang akan masuk kedalam PC anda atau anda bisa melakukan proses cek dan ricek terlebih dahulu untuk mengetahui apakah alamat situs yang akan anda kunjungi tersebut aman. Pada tulisan kali ini akan dibahas bagaimana teknik yang dapat anda lakukan untuk melakukan proses cek dan ricek tersebut.

Berikut beberap teknik jitu untuk memastikan sebuah alamat web aman atau tidak sebelum anda klik:

1. Google Safe Browsing Diagnostic; Google Safe Browsing Diagnostic telah dirilis oleh google beberapa tahun yang lalu. Ini merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh google untuk memberikan informasi laporan detail domain dan web link sebuah situs. Tentunya anda bisa mempercayai tool ini, siapa yang tidak tahu siapa Google sebagai penguasa mesin pencari saat ini. Untuk menggunakan fasilitas ini anda bisa masuk ke alamat;

http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=alamatsitusyangmaudicek.com/

Maka setelah itu akan keluar laporan tentang alamat situs yang mau anda cek tadi. Namun demikian tidak semua informasi akan anda dapatkan, google hanya akan memberikan informasi "The report gives you four points of information" selama Sembilan puluh hari terakhir.

2. URL Void; URL Void merupakan sebuah web yang memiliki reputasi yang sangat baik sebagai sebuah web pemindai untuk menganalisa sebuah alamat website dengan menggunakan berbagai jenis mesin penganalisa yang terkenal (sekitar 30) dan domains blacklists, seperti Google SafeBrowsing, Norton SafeWeb dan MyWOT untuk mendeteksi setiap situs web berbahaya. Anda harus memasukan alamat situs yang akan anda periksa secara manual lalu tekan tombol “scan now”. Setelah selesai anda dapat melihat daftar hasil pengujian dari berbagai jenis mesin penganalisa. Anda juga dapat melihat detail laporan dari setiap mesin penganalisa dengan menekan tombol “more detail” yang berada disebelah kanan dari daftar pengujian tersebut.

3. UnMask Parasites; Unmask Parasites merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas keamanan untuk melakukan pemindaian sebuah situs apakah mengandung link spam, skrip berbahaya, atau redirect. Seringkali, sebuah websites yang dibajak telah disusupi sebuah kode-kode berbahaya yang bahkan tidak diketahui oleh pemilik web tersebut. Unmask Parasites akan mengunduh alamat (webpage) yang anda berikan, lalu akan menganalisa kode-kode HTML yang terdapat di dalamnya, terutama link eksternal, iframes, dan JavaScript. Sebenarnya pemilik web dapat melakukan ini secara manual dengan cara melihat kode-kode pemrograman dari web mereka, tetapi tentunya ini merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan.

4. PhishTank; Bagi para perselancar dunia maya yang ulung, phishing merupakan hal yang paling mudah untuk dikenali cukup dengan melihat URL nya saja. Bank dan beberapa situs penting juga telah mengimplemantasikan teknologi anti phishing. Namun demikian kita harus tetap berhati-hati. Untuk mengetahui situs-situs yang terindikasi menjalankan phising anda dapat melihatnya pada PhishTank. Disitus ini anda juga dapat menambahkan daftar website yang anda curigai telah melakukan phising. Namun yang perlu anda ingat PhishTank bukan merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas keamanan, melainkan hanya berisi daftar situs-situs yang telah melakukan phising. Didirikan oleh OpenDNS, PhishTank merupakan layanan gratis.

5. Dr.Web Anti-Virus Link Checker; Dr. Web Anti-Virus Link Checker merupakan aplikasi tambahan (add-on) untuk Chrome, Firefox, Opera dan juga IE. Aplikasi ini menggunakan mesin anti-virus dari Dr.Web online untuk melakukan pemindaian sebuah link download dari konten berbahaya. Aplikasi ini juga akan secara otomatis melakukan pemindaian pada file-file yang telah anda download dan juga akan secara otomatis melakukan pemindaian pada semua link yang berasal dari Facebook, Vk.com, Google+ Social Network. Anda hanya cukup meng”klik-kanan” pada link yang akan anda periksa. Selanjutnya aplikasi ini akan memberikan report apakah link ini aman atau berbahaya. Aplikasi ini telah ada sejak 2003 dan terus berkembang sampai saat ini, oleh sebab itu dapat dikatakan aplikasi ini sangat bisa dipercaya.

6. UnShorten.it; Saat ini seringkali kita mendapatkan link-link yang hendak kita masuki sudah berbentuk singkat (Short URLs). Hal ini tentu merupakan masalah yang cukup besar buat kita, karena kita sama sekali tidak mengetahui isi sebenarnya dari link tersebut. Sebenarnya anda bisa menggunakan aplikasi “short URL expander”untuk melihat link aslinya, namun demikian apakah dengan melihat link aslinya anda bisa langsung mengetahui link tersebut aman atau tidak. Dengan menggunakan UnShorten.it selain anda bisa mengetahui alamat asli dari link tersebut aplikasi ini sekaligus juga dapat memberikan informasi apakah web yang akan anda tuju aman atau tidak.

7. VirusTotal; VirusTotal akan menawarkan dua buah servis bagi anda, yang pertama adalah servis “upload” dimana disini anda dapat memeriksa file-file yang mencurigakan. Servis yang kedua adalah pemindai link dimana anda dapat melakukan pemeriksaan sebuah link sebelum anda meng”akses” link tersebut. VirusTotal menggunakan beberapa engine anti-virus, pemindai website, file dan servis penganalisa URL dimana dapat menganalisa sebuah link dan akan memberikan laporan secara detail kepada anda. Bahkan beberapa mesin anti-virus  akan memberikan infromasi tambahan yang mungkin anda perlukan. Servis yang disediakan oleh virustotal akan selalu update setiap 15 menit sekali.
Share:
Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Stats

Protected by Copyscape

Copyright © Mayasa | Powered by Blogger Design by PWT | NBT