Tip Memelihara,Memilih,Mengatasi Gadget dan Serba-Serbi

Saturday, November 12, 2016

Kabel Antena Sinyal Jaringan Bermasalah

Kabel-Antena-Sinyal-Jaringan-Bermasalah

Tip ini hanya untuk berbagi untuk pengguna internet yang masih jauh dari layanan jaringan yang memadai,biasanya bagi pengguna yang tinggal di pedalaman yang sudah ada jaringan tapi lemah. Tentu sangat mengganggu bila ingin lebih baik sinyal yang didapatnya. Seperti di mana tempa saya tinggal,sudah ada jaringan internet (dan hanya telkomsel) namun juga masih GPRS dan EDGE saja,dan juga lemah.

Dulu saya mencari cara agar bisa ber-internetan/browser bisa lancar meski masih jaringan standart yaitu GPRS-EDGE,akhirnya ada yang menyarankan agar pakai antena jaringan. Sebenarnya sih ingin dapat jaringan 3G namun belum nemu jalan. Karena 3G baru ada di desa tetangga yang jaraknya sekitar 8 KM an. Dan antena yang bisa menangkap jaringan 3G saya belum tahu mana yang betul bisa membantu. Walau saya pernah mendengar bisa menggunakan anten YAGI,namun tak ada yang jual di daerah saya. Lagi pula seperti tadi saya katakan,apakah benar bisa berfungsi baik didaerah saya.

Singkat cerita saya akhirnya bisa mendapat antena biasa,yang fungsinya untuk menguatkan sinyal/menstabilakan sinyal jaringan. Yang tadinya sinyal modem hanya dapat 2 atau 3 atau kadang 4 garis lup lep tak jelas dan sangat lambat untuk browser,lalu dengan bantuan antena tersebut,ternyata bisa mendapat sinyal full balok EDGE walau hanya sampai maksimal paling 250 kbps,tapi lumyan karena sudah bisa streaming meski tak selancar di 3G. dengan tinggi antena saya pasang sekitar 10-11 m.

Hingga pada suatu saat ada masalah di mana sinyal seperti sebelumnya waktu belum pakai antena. Saya bingung apa jaringan yang memang lagi eror apa apa ini?. Selama 2 hari saya otak atik...tetap saja sinyal tak bisa stabil. Ada apa ini??? 

Iseng-iseng saya turunkan antena dan saya urut kabel-nya...setelah diperiksa saya menemukan ada kulit kabel yang lecet dan terlihat silvernya. Saya berpikir apa karena ini sinyal jadi tak stabil....akhirnya saya putuskan untuk melilit lecetan tadi meski cuma sedikit lecetnya,dengan menggunakan solasi/isolator besar,sampai saya rasa sudah rapat. Lalu saya pasang,dan dirikan lagi. Kemudian saya coba untuk menggcek lagi sinyal di laptop saya,dan hasilnya .....kembali lagi sinyal kuat.... 

Heum...saya mengerti sedikit,ternyata hanya karena lecet kulit kabel walau sedikit (bocor) sangat merusak kinerja antena menangkap sinyal.

Sobat semua,tulisan ini memang bukanlah artikel hebat,tapi sengaja saya tulis di sini karena saya yakin sedikit banyak suatu saat akan ada yang membutuhkan,karena kasus seperti ini walau sepele sangat membingungkan bagi yang belum mengerti.
Share:
Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Stats

Protected by Copyscape

Copyright © Mayasa | Powered by Blogger Design by PWT | NBT